Tip Dan Trik Bukalapak Vs Tokopedia, Review Pengalaman Pengguna & Tips Belanja Online
Dimasa yang serba canggih ketika ini, Anda juga sanggup berbelanja dengan lebih cepat dan mudah. Anda sanggup berbelanja hanya dengan duduk santai di depan komputer atau gadget yang Anda pegang.
Terdapat berbagai website jual beli online, yaitu Lazada, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, Elevenia, Blanja dan banyak lainnya.
Dengan “segudangnya” jumlah website jual beli online, maka Anda sanggup menentukan yang terbaik dari mereka semua. Peritmbangan utama dalam menentukan situs jual beli yakni muranya harga dan keamanan dalam bertransaksi.
Perbandingan Antar Situs Jual Beli
Sebelumnya saya sampaikan dahulu, bahwa goresan pena ini umumnya hanya berisi opini, yang berasal dari pengalaman orang yang berbelanja online, dan goresan pena ini tidak dijadikan sebagai teladan standar dalam menilai situs jual beli secara pasti.
Tokopedia
Bukalapak dan Tokopedia berjenis e-commerce, yang sanggup dikatakan "malnya digital", alasannya yakni orang-orang sanggup membuka toko di situs tersebut.
Jenis-jenis barang yang disediakan bermacam-macam. Dari pengalaman orang-orang yang berbelanja, mengungkapkan bahwa tokopedia umumnya menyediakan barang-barang peralatan rumah tangga dan elektronik.
Metode Pembayaran
Tokopedia menunjukkan fitur pembayaran dengan metode transfer manual bank, e-cash mandiri, berdikari clickpay, Klikpay BCA, dan saldo Tokopedia.
Kepercayaan Pada Penjual
Tokopedia menyediakan fitur dimana pembeli sanggup mengetahui reputasi penjual dari rating bintangnya. Jika hanya mempunyai 1 bintang berarti penjual tersebut mempunyai reputasi penjualan yang rendah. Jika mempunyai 5 bintang berarti reputasi tingkat kepercayaan di penjual tinggi.
Sistem Tokopedia ini cukup anggun alasannya yakni tidak mengecewakan transparan, dimana pada setiap proses pembelipun mempunyai reputasinya sendiri.
Bahkan pada setiap produk mempunyai reviewnya masing-masing, selain itu hasil feedback akan terkunci sehingga tidak sanggup diganti atau dihapus.
Dengan sistemnya ini, mengakibatkan pembeli di Tokopedia sanggup lebih praktis untuk menyimpulkan reputasi darui suatu (kios) toko.
Hanya saja yang disayangkan yaitu kesalahan ada pada kebiasaan pembeli, dimana mereka kurang mantap dalam menunjukkan review terhadap kualitas barang atau pelayanan yang diberikan.
Feedback nya sering aneh-aneh, menyerupai ketika transaksi berjalan lancar tetapi pembeli hanya menunjukkan rating 3 bintang. Kaprikornus seperti nantinya pembeli lainnya akan melinai bahwa kios tersebut kurang menunjukkan pelayanan dan kurang terpecaya.
Yang lebih gila lagi, bahwa proses pembelian lancar sekali tetapi hanya menunjukkan bintang 1 yang artinya sangat buruk. Dan reviewnya juga tidak niat, misalnya “terima kasih barang sudah sampai, puas dan top deh”.
Tentunya notifikasi (pemberitahuan) dalam proses transaksi yakni hal yang terpenting. Di Tokopedia Anda sanggup mengetahui apakah proses pembelian berhasil atau tidak.
Untuk aba-aba unik transaksi. Tokopedia menggunakan 2 digit aba-aba unik, dan uang ini-pun nantinya akan kembali ke saldo Tokopedia. Adapun selang waktu pembayaran yakni selama 2 hari.
Costumer Service
Tampilan dan kemudahan navigasi dari Tokopedia sangat bagus, namun sebagai saran pada pihak untuk Tokopedia supaya memperbanyak pelayanan customer servicenya.
Tentunya kurang afdhol kalau daerah komplain hanya sanggup via twitter, kalau sanggup pihak tokopedia menyediakan akomodasi webchat di website atau aplikasinya. Hal ini supaya segala pertanyaan dan keluhan pelanggan sanggup secara eksklusif terjawab
Review Positif dari Pengguna Tentang Situs Jual Beli Tokopedia:
Review dari Pengalaman Kurang Memuaskan:
Bukalapak
Bukalapak umumnya menyediakan barang-barang unik menyerupai aksessoris, salah satunya yakni watu akik. Selain itu, barang menyerupai onderdil sepeda juga dijual disana.
Metode Pembayaran
Bukalapak menunjukkan fitur pembayaran melalui transfer manual bank, berdikari clickpay, Klikpay BCA, Cimbclicks Niaga, dan saldo Bukalapak.
Kepercayaan Pada Penjual
Bukalapak mempunyai fitur indikator reputasi penjual terpercaya, yang diketahui dari jumlah feedback dan presentase keberhasilan transaksi. Sehingga hal ini memudahkan para pembeli untuk mengetahui mana penjual yang mempunyai tingkat kepercayaan yang tertinggi.
Untuk sistem review pembeli di Bukalapak, sepertinya masih perlu untuk diperbaiki, dimana pembeli suka kebingungan alasannya yakni feedback semua produk tercampur. Hal ini mengakibatkan pembeli kesulitan untuk mengetahui mana barang yang feedbacknya anggun dan yang tidak.
Bukalapak mempunyai sistem notifikasi yang sama baiknya menyerupai tokopedia. Nantinya setiap proses transaksi akan dikirimkan beritanya via email.
Bukalapak mempunyai 3 digit aba-aba unik (bahkan ada yang menginfokan 4 digit), hal ini cenderung lebih merugikan pembeli alasannya yakni dana ini tidak dikembalikan kepada di pembeli. Adapun selang waktu pembayarannya yakni 10 jam. Mungkin kedepannya akan ada terus perubahan.
Costumer Service
Costumer Service di Bukalapak mendapat review anggun dari para pembelinya, Bukalapak lebih fast Respon, walaupun sebagian kecil pembeli ada yang mengalami hingga berjam-jam untuk menunggu pesan akhir dari Coustume Service.
Sebagai contoh bahwa Bukalapak fast respon yaitu pada kisah yang di share di laman Aviantorichad.com, kronologisnya yaitu si pembeli (sebut saja Mas Sabar) ingin membeli kamera digital seken alasannya yakni harganya sangat murah.
Setelah barang yang dipesan datang. Namun, apa yang didapatkan di luar perkiraan, barang yang dikirimkan ternyata isinya barang rongsokan. Alih-alih ingin punya kamera anggun justru kedatangan “tamu” kamera hancur.
Kondisi Kamera digital, dimana baterainya sudah bocor dan komponen juga sudah hancur. Tampilan fisik kamera memang bagus, tapi dalamannya yang hancur.
Karena itu, maka Mas Sabar melaksanakan komplain ke si penjual, sebut saja “si Penipu”, melalui fitur Pesan yang ada di situs Bukalapak. Akan tetapi tidak ada akhir dari si penipu. Padahal sebelumnya, komunikasi dengan si penipu via fitur pesan ini lancar.
Tidak susah untuk dapetin uang balik lagi, walaupun butuh sedikit usaha. Intinya kalau kronologisnya terang maka pihak Bukalapak akan mau membantu.
Usaha pertama Mas Sabar yaitu menghubungi nomor HP yang tertera di paket yang dikirim ke dirinya. Sebut saja orang yang punya nomor HP itu yakni mas Kedua (ternyata itu bukan nomor “Mas penipu”).
Orangnya (Mas Kedua) sih sanggup dihubungi, namun apa yang terjadi coba? Ternyata mas Kedua ini merupakan orang yang sebelumnya juga kena tipu oleh “Mas Penipu”.
Mas Kedua bercerita bahwa dirinya melaksanakan komplain kamera hancurnya ke “Mas Penipu”. Kemudian “Mas Penipu” meminta untuk ngeretur kameranya ke alamat Mas Sabar.
Sehingga, berarti Mas Sabar ingin dijadikan kambing hitam oleh Mas Penipu. Padahal status Mas Sabar yakni pembeli yang tidak tahu apa-apa. Kalau saja mas Sabar tidak ngeh, bisa-bisa kena fitnah alasannya yakni dikira orang yang menipu mas Kedua.
Lalu dilakukan percakapan antara mas Sabar dengan Mas Kedua via pesan di Bukalapak. Mas Sabar menceritakan kronologisnya ke mas Kedua.
pada dasarnya Mas Sabar kisah kalau dirinya memperoleh paket kamera digital tadi dari Mas Penipu, namun alamatnya yakni alamat mas Kedua.
Dengan begitu, Mas Sabar dan Mas Kedua menyadari bahwa diri mereka ke tipu oleh “mas Penipu”.
Dengan begitu, Mas Sabar melaksanakan komplain eksklusif ke admin Bukalapak. Disana terdapat akomodasi (tempat) untuk komplain, tinggal menceritakan kronologisnya. Dan pengalaman Mas Sabar bahwa respon dari pihak Bukalapak cepet banget.
Jawaban dari komplain Mas Sabar ke admin Bukalapak yaitu bahwa Mas Sabar perlu menunggu hasil pemeriksaan tim “pencari fakta” Bukalapak.
Mas sabar mendapat pengalaman bahwa tugas dari pihak Bukalapak “kerasa banget”, mas Sabar merasa terbantu sekali oleh Bukalapak. Komplain yang dikirimkan mendaaptkan fast respon.
Akhirnya hasil pemeriksaan keluar, maka keputusannya yakni mas Sabar diminta untuk mengembalikan barang yang diterima ke mas Penipu. Namun alasannya yakni Mas penipu tidak kooperatif (tidak sanggup dihubungi), maka Bukalapak meminta untuk mengirimkan barang ke alamat kantor Bukalapak.
Jreng..Hasilnya sesudah barang diterima oleh pihak Bukalapak, maka dana Mas Sabar dikembalikan. Dana dikembalikan tidak ditransfer ke rekening bank, tetapi masuknya ke rekening BukaDompet.
Voucher Belanja Bukalapak
Para pengguna aplikasi Bukalapak sering memperoleh voucher belanja. Terutama, dilaporkan bahwa satu bulan menjelang lebaran, hampir setiap hari pengguna apps banyak yang memperoleh voucher belanja. Voucher yang diberikan menyerupai voucher diskon harga barang hingga potongan ongkir. Jumlah nominal yang diperoleh tidak sedikit.
Akan tetapi, perlu diingat bahwa untuk berkesempatan mendapat voucher maka hanya sanggup diakses di app Bukalapak. Bukalapak juga rajin membagi-bagikan voucher melalui email. Pokoknya mengenai voucher maka belum ditemukan ada toko online lain yang “senekat” Bukalapak.
Fitur Reputasi Order, Respond Buyer
Bukalapak menciptakan sebuah sistem untuk menganalisa waktu kirim order dari penjul ke pembeli. Sistem yang dikembangkan pihak Bukalapak ini cukup bagus, yang bermafaat sekali bagi calon pembeli. Karena sanggup menilai seberapa serius dan terpecaya si penjual dalam berbisnis.
Selan itu, juga calon pembeli sanggup mengetahui seberapa baik dan cepat penjual dalam melayani permintaan pembeli. Sehingga dengan sistem Bukalapak ini, diketahui kalau penjual usang merespon maka akan dinilai sebagai penjual yang pemalas atau suka bermain-main dalam menghandle orderan masuk.
Kode Pembayaran Empat Digit
Banyak member buka lapak yang mengeluhkan ihwal komplemen biaya pembelian yang dibebankan pada pembeli.
Beban biaya dalam bentuk aba-aba pembayaran. Dimana yang menjadi dilema yakni Bukalapak memuat kebiajakan untuk menggunakan aba-aba pembayaran sebanyak 4 digit.
Tampaknya empat digit tersebut bukanlah angka yang sanggup disepelekan. Jika ditotal dari banyaknya transaksi yang sukses dalam sehari saja, maka totalnya dari biaya aba-aba pembayaran akan mencapai angka fantastis.
Dan peraturan Bukalapak bahwa biaya dari aba-aba pembayaran itu tidak dikembalikan. Sehingga banyak pembeli yang mengeluhkan hal ini.
Adapun di Tokopedia menerapkan aba-aba pembayaran hanya 3 digit. Itupun sesudah pembayaran terverifikasi maka biaya aba-aba pembayaran akan dikembalikan.
Automatic Payment Checker
Di Bukalapak, pembayaran manual menyerupai transfer ATM atau setor tunai sekrang telah sanggup diverifikasi secara otomatis. Tidak menyerupai sebelumnya, dimana Bukalapak masih menggunakan sistem yang agak repot, dimana konfirmasi pembayaran benar-benar akan diisi secara manual oleh si buyer.
Sehingga di Bukalapak kini ini telah mengalami peningkatan efisiensi pada verifikasi pembayaran.
Server Situs Bukalapak
Dari pengalaman seorang pengguna, bahwa dirinya pernah mengalami server situs Bukalapak yang tidak berpengaruh dalam menampung traffic, dimana kecepatan website menurun. Sehingga sepertinya perlu ada peningkatan kapasitas teknikal server, menyerupai peningkatan kapasitas memory dan bandwidth.
Pernah dirinya mengalami pada tanggal 3 Sept 2016, dimana koneksi sistem chat di Bukalapak mengalami gangguan. Sehingga semua data history pesan yang keluar dan masuk secara tiba-tiba hilang tak tersisa.
Saat CS Bukalapak menginformasikan bahwa tidak menemukan catatan chat antara dirinya dan seller. Hal ini menciptakan dirinya kaget, sehingga eksklusif login dan ternyata semua history pesan hilang semua.
Namun sekitar setengah jam kemudian, dirinya kembali login dan menemukan bahwa history pesan di akun Bukalapak miliknya telah muncul kembali.
Tidak usang sesudah itu, pihak CS Bukalapak mengirim email yang isinya bahwa mereka telah membaca pesan chat antara dirinya dan seller. Pihak BL mengakui terdaapt kesalahan teknis pada sistem / server yang menyebabkab history chat menghilang sementara.
Point Reputasi Buyer
Di Bukalapak mempunyai sistem untuk memisahkan evaluasi produk yang dibeli dan evaluasi kualitas layanan penjual. Dengan begitu calon pembeli sanggup mengetahui lebih detail ihwal suatu lapak, sebaikmana kualitas produknya dan sebaliknya mana layanan yang diberikan si penjual.
Penutup
Fakta-fakta ihwal kedua situs jual beli yang dikemukakan tersebut, tidak berarti menyatakan salah satu dari keduanya lebih unggul. Tulisan ini hanya sebagai rujukan pada Anda untuk menentukan berbelanja di Tokopedia atau Bukalapak sesuai dengan kebutuhan.
Tips Aman Melakukan Transaksi secara Online
Bagi pemula kemungkinan menalami rasa khawatir untuk melaksanakan transaksi secara online. Rasa khawatir ini wajar-wajar, mengingat banyaknya kasus penipuan secara online. Sebenarnya ada cara supaya Anda sanggup melaksanakan transaksi secara online secara aman, yaitu:
Terdapat berbagai website jual beli online, yaitu Lazada, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, Elevenia, Blanja dan banyak lainnya.
Dengan “segudangnya” jumlah website jual beli online, maka Anda sanggup menentukan yang terbaik dari mereka semua. Peritmbangan utama dalam menentukan situs jual beli yakni muranya harga dan keamanan dalam bertransaksi.
Sumber gabmar: Pixabay.com |
Perbandingan Antar Situs Jual Beli
Sebelumnya saya sampaikan dahulu, bahwa goresan pena ini umumnya hanya berisi opini, yang berasal dari pengalaman orang yang berbelanja online, dan goresan pena ini tidak dijadikan sebagai teladan standar dalam menilai situs jual beli secara pasti.
Tokopedia
Bukalapak dan Tokopedia berjenis e-commerce, yang sanggup dikatakan "malnya digital", alasannya yakni orang-orang sanggup membuka toko di situs tersebut.
Jenis-jenis barang yang disediakan bermacam-macam. Dari pengalaman orang-orang yang berbelanja, mengungkapkan bahwa tokopedia umumnya menyediakan barang-barang peralatan rumah tangga dan elektronik.
Metode Pembayaran
Tokopedia menunjukkan fitur pembayaran dengan metode transfer manual bank, e-cash mandiri, berdikari clickpay, Klikpay BCA, dan saldo Tokopedia.
Kepercayaan Pada Penjual
Tokopedia menyediakan fitur dimana pembeli sanggup mengetahui reputasi penjual dari rating bintangnya. Jika hanya mempunyai 1 bintang berarti penjual tersebut mempunyai reputasi penjualan yang rendah. Jika mempunyai 5 bintang berarti reputasi tingkat kepercayaan di penjual tinggi.
Sistem Tokopedia ini cukup anggun alasannya yakni tidak mengecewakan transparan, dimana pada setiap proses pembelipun mempunyai reputasinya sendiri.
Bahkan pada setiap produk mempunyai reviewnya masing-masing, selain itu hasil feedback akan terkunci sehingga tidak sanggup diganti atau dihapus.
Dengan sistemnya ini, mengakibatkan pembeli di Tokopedia sanggup lebih praktis untuk menyimpulkan reputasi darui suatu (kios) toko.
Hanya saja yang disayangkan yaitu kesalahan ada pada kebiasaan pembeli, dimana mereka kurang mantap dalam menunjukkan review terhadap kualitas barang atau pelayanan yang diberikan.
Feedback nya sering aneh-aneh, menyerupai ketika transaksi berjalan lancar tetapi pembeli hanya menunjukkan rating 3 bintang. Kaprikornus seperti nantinya pembeli lainnya akan melinai bahwa kios tersebut kurang menunjukkan pelayanan dan kurang terpecaya.
Yang lebih gila lagi, bahwa proses pembelian lancar sekali tetapi hanya menunjukkan bintang 1 yang artinya sangat buruk. Dan reviewnya juga tidak niat, misalnya “terima kasih barang sudah sampai, puas dan top deh”.
Tentunya notifikasi (pemberitahuan) dalam proses transaksi yakni hal yang terpenting. Di Tokopedia Anda sanggup mengetahui apakah proses pembelian berhasil atau tidak.
Untuk aba-aba unik transaksi. Tokopedia menggunakan 2 digit aba-aba unik, dan uang ini-pun nantinya akan kembali ke saldo Tokopedia. Adapun selang waktu pembayaran yakni selama 2 hari.
Costumer Service
Tampilan dan kemudahan navigasi dari Tokopedia sangat bagus, namun sebagai saran pada pihak untuk Tokopedia supaya memperbanyak pelayanan customer servicenya.
Tentunya kurang afdhol kalau daerah komplain hanya sanggup via twitter, kalau sanggup pihak tokopedia menyediakan akomodasi webchat di website atau aplikasinya. Hal ini supaya segala pertanyaan dan keluhan pelanggan sanggup secara eksklusif terjawab
Review Positif dari Pengguna Tentang Situs Jual Beli Tokopedia:
- Loading situs tidak mengecewakan cepat ketika dalam keadaani normal.
- Terkadang muncul promo untuk gratis ongkir, umumnya selama sebulan.
- Perang harga di Tokopedia secara tidak eksklusif menjadi harga produk jauh lebih murah.
- Terdapat fitur return gratis apabila produk yang dibeli tidak sesuai harapan (dari perjanjian yang dilakukan dengan si penjual).
- Terdapat fitu Katalog di Tokopedia yang membantu sekali, terutama untuk produk gadget, hanya saja perlu lebih lengkap lagi ketersediaan produknya.
Review dari Pengalaman Kurang Memuaskan:
- Di Tokopedia sering terlihat produk SPAM, menyerupai produk yang harganya hanya 100 Rupiah, ini bukan ihwal bonus, namun sesudah dibuka hanya berisi hal-hal yang tidak berguna. Masalah ini mengakibatkan pembeli menjadi kesulitan dalam mencari barang dari urutan termurah (karena banyaknya produk spam).
- Dalam fitur pencarian produk, ternyata penjual yang tidak aktif pun ikut disertakan.
- Petunjuk cara pembelian masih minim dan cenderung kurang jelas, hal ini sanggup merepotkan bagi pembeli pemula.
- Belum tersedia pengaturan alamat default untuk pembeli.
- Frekuensi maintenance situs Tokopedia cukup tinggi.
- Belum adanya fitur blacklist untuk buyer atau pembeli.
- Fitur pengelola stok barang dirasa masih kurang optimal, hal itu alasannya yakni ketika ada pembeli yang tengah menunggu pembayaran, namun stok produk tidak secara otomatis berkurang.
- Jarang sekali muncul promo diskon yang berbatas waktu.
Bukalapak
Bukalapak umumnya menyediakan barang-barang unik menyerupai aksessoris, salah satunya yakni watu akik. Selain itu, barang menyerupai onderdil sepeda juga dijual disana.
Metode Pembayaran
Bukalapak menunjukkan fitur pembayaran melalui transfer manual bank, berdikari clickpay, Klikpay BCA, Cimbclicks Niaga, dan saldo Bukalapak.
Kepercayaan Pada Penjual
Bukalapak mempunyai fitur indikator reputasi penjual terpercaya, yang diketahui dari jumlah feedback dan presentase keberhasilan transaksi. Sehingga hal ini memudahkan para pembeli untuk mengetahui mana penjual yang mempunyai tingkat kepercayaan yang tertinggi.
Untuk sistem review pembeli di Bukalapak, sepertinya masih perlu untuk diperbaiki, dimana pembeli suka kebingungan alasannya yakni feedback semua produk tercampur. Hal ini mengakibatkan pembeli kesulitan untuk mengetahui mana barang yang feedbacknya anggun dan yang tidak.
Bukalapak mempunyai sistem notifikasi yang sama baiknya menyerupai tokopedia. Nantinya setiap proses transaksi akan dikirimkan beritanya via email.
Bukalapak mempunyai 3 digit aba-aba unik (bahkan ada yang menginfokan 4 digit), hal ini cenderung lebih merugikan pembeli alasannya yakni dana ini tidak dikembalikan kepada di pembeli. Adapun selang waktu pembayarannya yakni 10 jam. Mungkin kedepannya akan ada terus perubahan.
Costumer Service
Costumer Service di Bukalapak mendapat review anggun dari para pembelinya, Bukalapak lebih fast Respon, walaupun sebagian kecil pembeli ada yang mengalami hingga berjam-jam untuk menunggu pesan akhir dari Coustume Service.
Sebagai contoh bahwa Bukalapak fast respon yaitu pada kisah yang di share di laman Aviantorichad.com, kronologisnya yaitu si pembeli (sebut saja Mas Sabar) ingin membeli kamera digital seken alasannya yakni harganya sangat murah.
Setelah barang yang dipesan datang. Namun, apa yang didapatkan di luar perkiraan, barang yang dikirimkan ternyata isinya barang rongsokan. Alih-alih ingin punya kamera anggun justru kedatangan “tamu” kamera hancur.
Kondisi Kamera digital, dimana baterainya sudah bocor dan komponen juga sudah hancur. Tampilan fisik kamera memang bagus, tapi dalamannya yang hancur.
Karena itu, maka Mas Sabar melaksanakan komplain ke si penjual, sebut saja “si Penipu”, melalui fitur Pesan yang ada di situs Bukalapak. Akan tetapi tidak ada akhir dari si penipu. Padahal sebelumnya, komunikasi dengan si penipu via fitur pesan ini lancar.
Tidak susah untuk dapetin uang balik lagi, walaupun butuh sedikit usaha. Intinya kalau kronologisnya terang maka pihak Bukalapak akan mau membantu.
Usaha pertama Mas Sabar yaitu menghubungi nomor HP yang tertera di paket yang dikirim ke dirinya. Sebut saja orang yang punya nomor HP itu yakni mas Kedua (ternyata itu bukan nomor “Mas penipu”).
Orangnya (Mas Kedua) sih sanggup dihubungi, namun apa yang terjadi coba? Ternyata mas Kedua ini merupakan orang yang sebelumnya juga kena tipu oleh “Mas Penipu”.
Mas Kedua bercerita bahwa dirinya melaksanakan komplain kamera hancurnya ke “Mas Penipu”. Kemudian “Mas Penipu” meminta untuk ngeretur kameranya ke alamat Mas Sabar.
Sehingga, berarti Mas Sabar ingin dijadikan kambing hitam oleh Mas Penipu. Padahal status Mas Sabar yakni pembeli yang tidak tahu apa-apa. Kalau saja mas Sabar tidak ngeh, bisa-bisa kena fitnah alasannya yakni dikira orang yang menipu mas Kedua.
Lalu dilakukan percakapan antara mas Sabar dengan Mas Kedua via pesan di Bukalapak. Mas Sabar menceritakan kronologisnya ke mas Kedua.
pada dasarnya Mas Sabar kisah kalau dirinya memperoleh paket kamera digital tadi dari Mas Penipu, namun alamatnya yakni alamat mas Kedua.
Dengan begitu, Mas Sabar dan Mas Kedua menyadari bahwa diri mereka ke tipu oleh “mas Penipu”.
Dengan begitu, Mas Sabar melaksanakan komplain eksklusif ke admin Bukalapak. Disana terdapat akomodasi (tempat) untuk komplain, tinggal menceritakan kronologisnya. Dan pengalaman Mas Sabar bahwa respon dari pihak Bukalapak cepet banget.
Jawaban dari komplain Mas Sabar ke admin Bukalapak yaitu bahwa Mas Sabar perlu menunggu hasil pemeriksaan tim “pencari fakta” Bukalapak.
Mas sabar mendapat pengalaman bahwa tugas dari pihak Bukalapak “kerasa banget”, mas Sabar merasa terbantu sekali oleh Bukalapak. Komplain yang dikirimkan mendaaptkan fast respon.
Akhirnya hasil pemeriksaan keluar, maka keputusannya yakni mas Sabar diminta untuk mengembalikan barang yang diterima ke mas Penipu. Namun alasannya yakni Mas penipu tidak kooperatif (tidak sanggup dihubungi), maka Bukalapak meminta untuk mengirimkan barang ke alamat kantor Bukalapak.
Jreng..Hasilnya sesudah barang diterima oleh pihak Bukalapak, maka dana Mas Sabar dikembalikan. Dana dikembalikan tidak ditransfer ke rekening bank, tetapi masuknya ke rekening BukaDompet.
Voucher Belanja Bukalapak
Para pengguna aplikasi Bukalapak sering memperoleh voucher belanja. Terutama, dilaporkan bahwa satu bulan menjelang lebaran, hampir setiap hari pengguna apps banyak yang memperoleh voucher belanja. Voucher yang diberikan menyerupai voucher diskon harga barang hingga potongan ongkir. Jumlah nominal yang diperoleh tidak sedikit.
Akan tetapi, perlu diingat bahwa untuk berkesempatan mendapat voucher maka hanya sanggup diakses di app Bukalapak. Bukalapak juga rajin membagi-bagikan voucher melalui email. Pokoknya mengenai voucher maka belum ditemukan ada toko online lain yang “senekat” Bukalapak.
loading...
Fitur Reputasi Order, Respond Buyer
Bukalapak menciptakan sebuah sistem untuk menganalisa waktu kirim order dari penjul ke pembeli. Sistem yang dikembangkan pihak Bukalapak ini cukup bagus, yang bermafaat sekali bagi calon pembeli. Karena sanggup menilai seberapa serius dan terpecaya si penjual dalam berbisnis.
Selan itu, juga calon pembeli sanggup mengetahui seberapa baik dan cepat penjual dalam melayani permintaan pembeli. Sehingga dengan sistem Bukalapak ini, diketahui kalau penjual usang merespon maka akan dinilai sebagai penjual yang pemalas atau suka bermain-main dalam menghandle orderan masuk.
Kode Pembayaran Empat Digit
Banyak member buka lapak yang mengeluhkan ihwal komplemen biaya pembelian yang dibebankan pada pembeli.
Beban biaya dalam bentuk aba-aba pembayaran. Dimana yang menjadi dilema yakni Bukalapak memuat kebiajakan untuk menggunakan aba-aba pembayaran sebanyak 4 digit.
Tampaknya empat digit tersebut bukanlah angka yang sanggup disepelekan. Jika ditotal dari banyaknya transaksi yang sukses dalam sehari saja, maka totalnya dari biaya aba-aba pembayaran akan mencapai angka fantastis.
Dan peraturan Bukalapak bahwa biaya dari aba-aba pembayaran itu tidak dikembalikan. Sehingga banyak pembeli yang mengeluhkan hal ini.
Adapun di Tokopedia menerapkan aba-aba pembayaran hanya 3 digit. Itupun sesudah pembayaran terverifikasi maka biaya aba-aba pembayaran akan dikembalikan.
Automatic Payment Checker
Di Bukalapak, pembayaran manual menyerupai transfer ATM atau setor tunai sekrang telah sanggup diverifikasi secara otomatis. Tidak menyerupai sebelumnya, dimana Bukalapak masih menggunakan sistem yang agak repot, dimana konfirmasi pembayaran benar-benar akan diisi secara manual oleh si buyer.
Sehingga di Bukalapak kini ini telah mengalami peningkatan efisiensi pada verifikasi pembayaran.
Server Situs Bukalapak
Dari pengalaman seorang pengguna, bahwa dirinya pernah mengalami server situs Bukalapak yang tidak berpengaruh dalam menampung traffic, dimana kecepatan website menurun. Sehingga sepertinya perlu ada peningkatan kapasitas teknikal server, menyerupai peningkatan kapasitas memory dan bandwidth.
Pernah dirinya mengalami pada tanggal 3 Sept 2016, dimana koneksi sistem chat di Bukalapak mengalami gangguan. Sehingga semua data history pesan yang keluar dan masuk secara tiba-tiba hilang tak tersisa.
Saat CS Bukalapak menginformasikan bahwa tidak menemukan catatan chat antara dirinya dan seller. Hal ini menciptakan dirinya kaget, sehingga eksklusif login dan ternyata semua history pesan hilang semua.
Namun sekitar setengah jam kemudian, dirinya kembali login dan menemukan bahwa history pesan di akun Bukalapak miliknya telah muncul kembali.
Tidak usang sesudah itu, pihak CS Bukalapak mengirim email yang isinya bahwa mereka telah membaca pesan chat antara dirinya dan seller. Pihak BL mengakui terdaapt kesalahan teknis pada sistem / server yang menyebabkab history chat menghilang sementara.
Point Reputasi Buyer
Di Bukalapak mempunyai sistem untuk memisahkan evaluasi produk yang dibeli dan evaluasi kualitas layanan penjual. Dengan begitu calon pembeli sanggup mengetahui lebih detail ihwal suatu lapak, sebaikmana kualitas produknya dan sebaliknya mana layanan yang diberikan si penjual.
Penutup
Fakta-fakta ihwal kedua situs jual beli yang dikemukakan tersebut, tidak berarti menyatakan salah satu dari keduanya lebih unggul. Tulisan ini hanya sebagai rujukan pada Anda untuk menentukan berbelanja di Tokopedia atau Bukalapak sesuai dengan kebutuhan.
Tips Aman Melakukan Transaksi secara Online
Bagi pemula kemungkinan menalami rasa khawatir untuk melaksanakan transaksi secara online. Rasa khawatir ini wajar-wajar, mengingat banyaknya kasus penipuan secara online. Sebenarnya ada cara supaya Anda sanggup melaksanakan transaksi secara online secara aman, yaitu:
- Sebelum Anda membeli maka harus mengcek deskripsi produk dan reputasi web atau lapak jual beli online yang Anda kunjungi. Dalam hal ini, Anda harus teliti, terutama ketika akan membeli produk yang harganya mahal.
- Anda perlu waspada kalau mememukan bentuk metode pembayaran yang tidak biasa dan mempunyai kesan tidak wajar. Termasuk Anda perlu curiga ketika menemukan metode pembayaran tunai via pos.
- Jangan bermudahan dalam menunjukkan informasi pribadi, terutama pada informasi keuangan online dan offline.
- Anda perlu waspada kalau mendapati email atau telepon yang menanyakan informasi rekening Anda. Perusahaan besar menyerupai eBay dan Paypal tidak pernah meminta password atau informasi keuangan lainnya melalui email dan telepon.
- Jangan praktis terpengaruhi anjuran barang murah yang tiba dari e-mail, ataupun dari lapak jual beli online.
- Pertimbangkanlah cara pembayaran, dimana pembayaran yang umumnya dilakukan yaitu menggunakan layanan PayPal dan transfer bank. Lebih anggun lagi kalau menggunakan sistem COD (ketemuan di tempat).
- Penting menyimpan dengan baik bukti transaksi, simpan juga informasi deskripsi produk dan harganya. Selain itu, jangan dihapus history chat yang Anda lakukan dengan pihak penjual, atau jangan dihapus e-mail antara Anda dengan penjual.